Waspadai Gejala Kanker Usus ini saat Diare

Kanker merupakan penyakit yang menyumbangkan angka kemarian terbesar di dunia. Selain menerang organ-organ penting dalam tubuh manusia, kanker juga bisa menyerang bagian tubuh tak terduga seperti anus.

Konsultan Gastroenterohepatologi, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, MMB, SpPD, K-GEH, FACP, FACG, FINASIM menjelaskan bahwa  anus merupakan organ yang berperan sebagai tempat keluarnya feses atau kotoran, sehingga anus bisa menjadi sumber infeksi. Selain itu, anus dan poros usus (rektum) memiliki dinding yang sensitif sehingga sangat rentan untuk terluka. Dengan kondisi tersebut, ketika terjadi kekerasan seksual, kondisi luka akan memudahkan tertularnya berbagai infeksi/ Infeksi tersebut nantinya akan berujung HIV, Herpes, Simplex, Hepatitis B, Hepatitis C, Human Papiloma Virus (HPV), dan berujung kanker.

Prof. Ari mengimbau masyarakat agar paham dan selalu waspada terhadap infeksi yang menyerang anus. Biasanya anus yang telah terinfeksi ditandai dengan berbagai gejala. Gejala kanker anus meliputi diare yang berdarah dan berlendir, mengalami luka-luka terinfeksi bahkan timbul bisul dan peradangan di sekitar anus dan poros usus. Tanda lainnya adalah timbulnya nyeri. Nyeri tersebut akan bertambah saat seseorang buang air besar.

Kanker anus dapat terjadi pada pria atau wanita, serta bisa menyerang di segala usia. Namun, kejadian kanker anus lebih banyak diderita pada generasi muda dengan usia di bawah 30 tahun. Prof Ari mengaku beberapa kali mendapatkan pasien yang mengidap kanker anus yang setelah diselidiki, penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat dengan pasangan.

Oleh karena itu, menjaga pola hidup sangat penting untuk mencegah berbagai timbulnya penyakit, salah satunya yaitu kanker anus. Jika menemukan salah satu gejala tersebut pada diri kalian, segera konsultasi terlebih dahulu pada konsultan saluran cerna sebelum menentukan pengobatan apa yang perlu dilakukan.

Salam sehat.

Sumber:

https://lifestyle.okezone.com/read/2020/02/12/481/2151948/kenali-gejala-kanker-anus-waspada-saat-diare?page=2

Ilustrasi: freepik.com

Bagikan: