Tentang Kami

PROFIL PB PEGI

 

Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia (PEGI) merupakan organisasi non-profit yang telah berbadan hukum dan dibentuk pada tanggal 2 Desember 1973, dengan Pengurus Besar (PB) yang berkedudukan di Jakarta. Dibentuknya perhimpunan ini berdasarkan pada falsafah Negara Republik Indonesia, yaitu Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang merupakan perwujudan cita-cita untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa serta untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. 

PEGI merupakan badan otonom yang bernaung di bawah Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang mempunyai kewenangan penuh dalam menentukan dan melaksanakan jalan organisasi baik kedalam maupun keluar. Anggota PEGI terdiri dari Anggota Biasa, Anggota Luar Biasa dan Anggota Kehormatan. Untuk menjadi Anggota Biasa, dapat dengan mengajukan permintaan secara tertulis melalui Pengurus Cabang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sedangkan yang dimaksud sebagai Anggota Luar Biasa, yaitu Dokter Umum Indonesia yang merupakan anggota IDI yang telah menjadi anggota PEGI sebelum amandemen tahun 2003 atau Anggota Biasa yang sudah tidak lagi melakukan pelayanan endoskopi gastrointestinal secara aktif. Anggota Kehormatan merupakan usulan dari Pengurus Besar PEGI, yaitu orang yang telah berjasa dalam bidang Endoskopi Gastrointestinal di Indonesia, baik yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri dan orang yang memberi sumbangan berupa apapun yang tidak mengikat untuk kemajuan organisasi.

Organisasi PEGI terdiri dari: (1) Badan Legislatif (Kongres Nasional dan Konferensi Kerja Nasional); (2) Badan Eksekutif (Pengurus Besar dan Pengurus Cabang); (3) Pengurus Besar Gabungan, merupakan koordinasi antara Perkumpulan Gastrointestinal Indonesia (PGI), Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia (PEGI), dan Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI); (4) Badan Khusus (Dewan Pertimbangan Keahlian (DPK), Forum Guru Besar Gastroentero-Hepatologi, dan Badan Penilai Kompetensi (BPK) PEGI). 

Kegiatan rutin PEGI yaitu menyelenggarakan Simposium, Workshop, dan Konsensus terkait endoskopi saluran cerna setiap tahun atau menurut keperluan, serta rapat pengurus PEGI secara berkala. Selain itu Pengurus Besar Gabungan PPHI-PGI-PEGI menyelenggarakan Kongres Nasional (KONAS) dan Konferensi Kerja Nasional (KONKERNAS) setiap 3 tahun sekali.

Bagikan: