Titik Nyeri Perut yang Perlu Diperhatikan

Sakit perut merupakan gejala umum yang banyak dialami setiap orang. Namun, rupanya pada titik tertentu, sakit perut perlu diwaspadai karena bisa menjadi pertanda penyakit yang mengkhawatirkan.

Lalu sakit perut pada titik manakah yang perlu diwaspadai?

Konsultan gastroentero-hepatologi sekaligus ketua umum PB PEGI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, MMB, SpPD, K-GEH, FACP, FACG, FINASIM (@dokterari) menjelaskan bahwa titik nyeri yang perlu diwaspadai yaitu:

  1. Nyeri pada perut bagian atas

Nyeri pada perut bagian atas dapat menjadi pertanda gangguan pada lambung. Umumnya ditandai dengan rasa perih tidak nyaman di daerah ulu hati disertai mual, kembung, dan begah. Titik nyeri berada di kiri atas perut, di ulu hati tengan atas sampai kiri atas, yaitu di bagian lambung berada.

  1. Nyeri pada bagian kanan atas

Nyeri pada bagian kanan atas bisa menjadi tanda adanya gangguan pada liver, seperti radang akut hepatitis atau bisul pada liver. Selain itu nyeri pada kanan tengah atas perut bisa menjadi tanda adanya gangguan pada kantong empedu. Prof Ari menyampaikan bahwa pada kasus batu kantung empedu, nyeri bisa dirasakan di daerah ulu hati tapi ke kanan sedikit. Nyeri ini sering disalah artikan sebagai maag, padahal ketika di USG sumbernya dari kantung empedu. Untuk membedakannya, sebenarnya tidak ada gejala yang khas antara gangguan pada empedu dan lambung. Tetapi. Jika empedu, nyeri ulu hari bawah tembus ke belakang. Sedangkan kalau lambung bisa juga berhubungan dengan rasa perih setelah makan. Untuk memastikan, kita perlu melakukan pemeriksaan.

  1. Nyeri pada kanan bawah

Nyeri pada kanan bawah umumnya identik dengan tanda radang usus buntu. Namun, Prof Ari menyatakan bahwa tidak semua nyeri pada kanan bawah merupakan gejala gangguan pencernaan tersebut. Usus buntu berada di antara usus besar dan usus halus yang meradang ketika ditekan dan terasa nyeri. Tapi terlepas dari itu, di area itu juga ada indung telur bisa juga menjadi nyeri, jadi nyeri kanan bawah tidak mesti usus buntu.

Nah, sobat PEGI kini sudah mengetahui titik yang perlu di waspadai bukan? Jika merasakannya, jangan ragu untuk segera memeriksakan ke ahlinya ya!

Salam sehat.

Sumber:
https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1328235-hasil-tes-swab-covid-19-anies-baswedan-berbeda-apa-sebabnya?medium=autonext
Ilustrasi: freepik.com

Bagikan: