Tips Aman dan Sehat saat Arus Balik Mudik


Lebaran telah usai, kini saatnya bagi masyarakat kembali ke kota masing-masing, atau yang biasa dikenal dengan istilah arus balik mudik. Saat arus balik mudik, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pengguna jalur darat agar badan tetap sehat dan aman selama perjalanan panjang, sebagaimana yang disampaikan oleh ahli endoskopi saluran cerna RSCM/FK UI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, MMB, FACP, FACG, FINASIM (@dokterari) berikut ini:

1. Menyiapkan sopir cadangan
Bagi pemudik yang membawa kendaraan pribadi, perlu ada beberapa anggota keluarga atau sopir cadangan yang siap membawa kendaraan secara bergantian. Hal ini untuk menghindari kelelahan saat menyetir.

2. Tetap relaksasi selama perjalanan
Di tempat istirahat, manfaatkan waktu untuk berolahraga ringan seperti melakukan gerakan relaksasi pada kaki, tangan, dan leher. Selain itu, buang air kecil juga perlu dilakukan untuk menghindari infeksi akibat menahan kencing terlalu lama.

3. Melakukan perjalanan di pagi atau malam hari
Perjalanan di awal pagi atau malam hari dapat menjadi pilihan yang tepat karena suhu udara yang lebih dingin dan jalanan lebih lenggang.

4. Jaga makanan dan minuman
Hindari membeli makanan dan minuman di pinggir jalan mengingat kualitasnya yang belum tentu terjaga akibat terpapar panas. Terutama untuk makanan dan minuman rumahan (hand made). Bagi pemudik yang akan membawa makanan, usahakan untuk membawa makanan kering. Jika tetap ingin membawa makanan basah, nasi, atau lauk-pauk, pastikan tidak dikonsumsi lebih dari 6-8 jam dari waktu pembuatan.

5. Menyiapkan obat-obatan
Bagi pemudik yang menderita penyakit kronis seperti kencing manis, hipertensi, asma, kolesterol tinggi, dan asam urat, perlu membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi. Sedangkan bagi pemudik yang tidak menderita penyakit khusus, cukup membawa obat-obatan sederhana seperti obat anti diare, alergi, sakit kepala, serta mual dan muntah.

6. Menghindari muatan berlebih
Hindari membawa barang bawaan berlebihan. Jika ingin membawa oleh-oleh dalam jumlah banyak, lebih baik dipaketkan terlebih dahulu.

7. Memanfaatkan teknologi
Agar terhindar dari stress akibat macet, memantau kepadatan dan memilih alternatif rute perjalanan perlu dilakukan. Dalam hal ini, kita dapat memanfaatkan teknologi aplikasi Google Maps atau Waze dari telepon seluler.

Nah, dengan ketujuh tips diatas, sobat PEGI kini siap melalui perjalanan arus balik mudik dengan sehat dan aman.
Salam sehat.

Sumber:

7 Tips Saat Perjalanan Mudik Agar Tetap Sehat dan Aman


Ilustrasi: freepik.com

Bagikan: