Kenali GERD, Penyakit Lambung Pemicu Kanker

GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease adalah suatu kondisi dimana isi lambung mengalami refluk/berbalik arah secara berulang, ke dalam esophagus yang menyebabkan terjadinya berbagai gejala klinis dan atau komplikasi yang mengganggu. Prevalensi kejadian GERD terus meningkat karena tingginya konsumsi makanan-makanan penyebab GERD pada masyarakat. Oleh karena itu Konsultan Saluran Cerna Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, MMB, FACP, FACG, FINASIM menyebutkan bahwa penting bagi kita untuk mengenal penyakit ini, karena selain prevalensinya, dampak GERD juga tidak bisa disepelekan.

GERD terjadi karena asam lambung yang umumnya memiliki pH (potensial hidrogen) satu sampai dua berubah menjadi enam sehingga menimbulkan kerusakan dan pelemahan pada sfingter/katup antara esophagus (kerongkongan) dengan lambung. Akibatnya, katup yang seharusnya dapat tertutup rapat jadi tidak bisa dan asam lambung tersebut naik kembali ke esophagus. Biasanya pasien GERD akan merasakan panas di dada, mulut terasa pahit setiap hari, suhu tubuh tinggi, nyeri di ulu hati, mual, sering terbangun malam hari, dan merasa lebih baik ketika minum obat sakit maag.

Abnormalitas sfingter yang menyebabkan GERD ini dapat memicu terjadinya peradangan, penyempitan, atau merubah struktur kerongkongan, sampai pada terjadi kanker esophagus. Kemudian asam lambung yang naik ini juga dapat menyebabkan ngilu gigi, suara serak karena asam lambung masuk ke pita suara, sesak nafas, sinus, atau masuk ke paru-paru dan memicu batuk yang asam.

Prof Ari menyampaikan bahwa beliau pernah memonitor selama 24 jam asam lambung yang balik arah, ternyata berhubungan dengan faktor kegemukan atau obesitas, kemudian faktor usia diatas 50 tahun, dan juga faktor merokok. Dalam beberapa teori juga disebutkan bahwa faktor makanan berlemak, pengawet, dan sebagainya dapat memicu GERD. Beliau juga pernah meneliti pada orang yang sedang berpuasa, GERDnya membaik karena pola makannya yang membaik. Sedangkan pengaruh faktor genetik belum ditemukan.

Nah, bagaimana sobat PEGI, sudah lebih mengenal dan siap mewaspadai GERD kan?

Salam sehat.

Sumber:
http://akurat.co/gayahidup/id-552667-read-yuk-kenali-gerd-si-penyakit-lambung-yang-bisa-memicu-kanker
Ilustrasi: freepik.com

Bagikan: